Rabu, 31 Oktober 2012

Apa itu organisasi komputer ??

Di postingan pertama ini saya akan menerangkan apa itu organisasi computer. Artikel ini bersumber disini

DEFINISI ORGANISASI KOMPUTER

Organisasi komputer rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal - sinyalkontrol, antar-muka antara computer dan periferal serta penggunaan teknologi.

DEFINISI ARSITEKTUR KOMPUTER

Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut  atribut yang mempunyai dampak langsung padaeksekusi logis sebuah program.[William Stalling]Arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakaninstruksi tersebut.[carl hamacher]

PRINSIP KERJA ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Komputer mempunyai bagian-bagaian yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Susunan letak danhubungan antar bagian-bagian hingga membentuk tubuh komputer disebut sebagai arsitekturkomputer. Atau dengan kata lain arsitektur komputer merupakan pengorganisasian bagian-bagainfungsional sebuah komputer.Pada prinsipnya sebuah sistem komputer terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:

1. CPU (Central Prosessing Unit )

CPU merupakan bagian fungsional yangutama dari sebuah sistem komputer,dapat dikatakan bahwa CPU merupakanotak dari sebuah komputer. Di dalam CPUinilah semua kerja komputer dilakukan.Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:

a.membaca, mengkodekan danmengeksekusi instruksi program

b. Mengirim data dari dan kememori, serta dari dan ke bagianinput/output.

c. Merespon interupsi dari luar.menyediakan clock dan sinyalkontrol kepada sistem.

Dalam melakukan hal-hal di atas, jelas CPU perlu menyimpan data untuk sementara waktu. CPU perlu mengingat lokasi instruksi terakhir sehingga CPU akan dapat mengambil instruksi berikutnya. CPU perlumenyimpan instruksi dan data untuk sementara waktu pada saat instruksi sedang dieksekusi.Dengankata lain, CPU memerlukan memori internal berukuran kecil yang disebut register.

Arithmetic and LogicUnit (ALU)

Berfungsi membentuk operasi- operasi aritmatika dan logic terhadap data Registermenyimpan data sementara dan hasil operasi ALU. Control unit menghasilkan sinyal,, yang akanmengontrol operasi ALU, dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU.


MEMORI

Adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.

RAM (Random Access Memory )

Adalah memori yang dapat dibaca atau ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya dataakan terhapus bila catu daya dihilangkan. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program computertidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk mcnyimpaii data seinantara, yang ticlak begiluvital saal aliran daya terpiilus.

ROM (Read Only Memory)

Adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile, artinyadata tidak akan lerhapus meskipun catu daya diputus. Karena sifatnya yang demikian, maka ROMdipergunakan untuk menyimpan program. Ada beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM,dan EPROM. PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.

PERANTARA INPUT/OUTPUT

Untuk melakukan hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system dapatmenerima data dari mikrokomputer dan dapat pula memberi data ke mikrokomputer.Ada dua macam perantara I/O, yaitu piranti untuk hubungan serial (UART-universal asynchronousreceiver-transmitter) dan piranti untuk hubungan paralel (PlO-paralel input output).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar